Tips sukses affiliate marketing untuk pemula
Keuangan

7 Tips Sukses Affiliate Marketing untuk Pemula

Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet yang bisa dilakukan siapa saja. Tanpa perlu mengeluarkan modal, kamu bisa langsung mempromosikan produk/jasa orang lain dan mendapatkan komisi bila kamu berhasil mengajak orang lain untuk menggunakannya.

Untuk bisa sukses dalam affiliate marketing, kamu harus menggunakan strategi yang bisa meningkatkan potensi pendapatan kamu. Jadi jangan asal buat konten review dan berharap ada orang lain yang mengklik link afiliasi kamu saja!

Bila kamu senang mempertimbangkan atau ingin meningkatkan penghasilan afiliasi kamu, beberapa tips dan strategi berikut perlu kamu coba.

Tips Affiliate Marketing

1. Memilih Produk yang Tepat

Tips affiliate marketing #1: Pilih produk yang tepat
Tips affiliate marketing #1: Pilih produk yang tepat

Tips afiliate marketing pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilik produk yang tepat.

Meski kamu bisa bergabung dengan banyak program afiliasi dan mempromosikan beberapa produk yang mirip, kamu harus bisa memilah-milih produk yang tepat yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan pelanggan kamu.

Agar kamu mendapatkan produk yang tepat untuk dipromosikan melalui affiliate marketing, kamu bisa membaca review dari pengguna lainnya untuk melihat apakah produk tersebut memang sebagus yang ditawarkan atau tidak.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan reputasi pemilik produk sebelum ikut mempromosikannya. Jangan sampai hasil kerja keras kamu tidak terbayarkan karena pemilik produk yang curang dan tidak berlaku adil.

2. Memasarkan Produk pada Orang yang Tepat

Tips affiliate marketing #2: Tawarkan pada orang yang tepat
Tips affiliate marketing #2: Tawarkan pada orang yang tepat

Bagaimana jadinya jika kamu menawarkan produk fashion pada blog atau forum yang banyak membahas masalah teknologi? Meski mungkin akan ada beberapa orang yang tertarik, tentu akan sulit membayangkan untuk mendapatkan lebih banyak untung dengan cara ini bukan?

Agar produk yang ditawarkan menarik minat banyak orang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkannya pada orang-orang yang tepat.

Dengan cara ini, produk kamu akan dilihat oleh orang-orang yang memang tertarik pada barang tersebut, atau pada mereka yang memang sedang membutuhkannya. Kamu pun memiliki potensi yang lebih besar untuk berhasil dalam affiliate marketing.

3. Membuat Review Produk yang Menarik

Tips affiliate marketing #3: Buat review yang menarik dan beda dari kompetitor lainnya
Tips affiliate marketing #3: Buat review yang menarik dan beda dari kompetitor lainnya

Salah satu cara untuk meyakinkan orang lain agar mau menggunakan produk yang kamu tawarkan adalah dengan membuat review yang baik dan menarik. Dengan begitu calon pembeli akan dapat mengetahui kualitas produk dengan jelas. Kamu pun bisa menunjukan bagaimana cara kerja produk/jasa tersebut dalam mengatasi masalah serta memperlihatkan beragam manfaat lain yang bisa didapat.

Agar review kamu lebih menarik, ada baiknya jika kamu tidak membuat konten yang terlalu umum dan mirip dengan artikel lainnya. Akan lebih baik lagi bila kamu bisa menunjukan bagaimana cara produk kamu mengatasi sebuah masalah dibanding hanya menuliskan manfaat yang didapat saja.

Dan jika kamu memiliki produk atau telah menggunakannya sendiri, hal ini akan lebih bagus karena pengalaman kamu akan menjadi poin plus bagi pembaca sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

4. Optimalkan Konten

Tips affiliate marketing #4: Optimalkan konten agar mudah ditemukan orang lain
Tips affiliate marketing #4: Optimalkan konten agar mudah ditemukan orang lain

Setelah membuat konten yang menarik, pastikan kamu juga mengotimalkannya agar konten tersebut bisa berada di halaman teratas pencarian Google. Dengan begitu orang yang sedang mencari kata kunci seputar produk afiliasi kamu bisa menemukan konten kamu dengan mudah. Kamu pun berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung yang mengkllik link afiliasi yang sudah kamu tanam pada artikel review tersebut.

Konten yang sudah berhasil dioptimasi dan mendapatkan peringkat yang baik pada search engine tentu bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi kamu. Kamu pun bisa berpeluang untuk memiliki passive income sendiri jika banyak konversi yang terjadi melalui konten tersebut.

Meski begitu memang tidak mudah untuk dapat meletakan sebuah konten pada peringkat atas hasil pencarian Google. Kamu perlu memaksimalkan SEO-On Page seperti penggunakan judul yang menarik, peletakan kata kunci, pengguankan alt text pada gambar, hingga mempercepat loading konten kamu dan membuatnya mobile-friendly.

Selain itu kamu juga harus meningkatkan SEO Off-Page dengan memperbanyak backlink yang mengarah ke konten tersebut, membagikannya ke sosial media secara rutin, serta menyajikannya dalam bentuk lain seperti video Youtube atau infografis.

5. Manfaatkan Sosial Media dan Forum

Tips affiliate marketing #5: Manfaatkan sosial media untuk membagikan link afiliasi
Tips affiliate marketing #5: Manfaatkan sosial media untuk membagikan link afiliasi

Selain search engines, kamu juga bisa memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Youtube untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke konten promosi kamu. Selain itu kamu juga bisa mempromosikan konten tersebut pada forum yang memiliki topik khusus yang sesuai dengan niche produk yang kamu tawarkan.

Agar kampanya melalui sosial media dan forum lebih efektif, kamu bisa membangun reputasi kamu terlebih dahulu sebelum mulai mempromosikan konten dan produk afiliasi. Kamu bisa mulia secara perlahan dengan membagikan tips dan trik seputar produk sampai kamu menjadi salah satu orang yang berpengaruh pada niche yang kamu bahas.

Dengan reputasi yang baik, tentu akan lebih mudah untuk meyakinkan orang lain untuk membeli produk yang kamu promosikan dibanding mereka yang lebih senang spamming konten-konten afiliasi mereka bukan?

6. Bangun Email List

Tips affiliate marketing #6: Buat list building untuk mengumpulkan prospek
Tips affiliate marketing #6: Buat list building untuk mengumpulkan prospek

Bagi sebagian besar orang, email seperti alat komunikasi kuno yang kalah canggih dibanding aplikasi chatting atau sosial media. Padahal email marketing masih menjadi platform yang menjanjikan dan bisa memberikan kamu konversi yang lebih tinggi dibanding cara lainnya.

Dengan daftar email yang kamu miliki, kamu akan lebih mudah untuk menawarkan produk afiliasi dari orang yang memang mereka ikuti secara sukarela. Jadi jika kamu belum melakukan list building, lakukan dari sekarang untuk memaksimalkan produk kamu dari affiliate marketing.

Dan jika kamu sudah memiliki email list kamu sendiri, pastikan kamu mempelajari email marketing 101. Jangan selalu menggangu followers kamu dengan beragam produk jualan, namun sisipkan juga tips dan trik kamu sendiri, atau sekedar email personal agar mereka tetap berlangganan email newsletter kamu.

7. Tawarkan Sesuatu yang Unik

Tips affiliate marketing #7: Tawarkan sesuatu yang menarik
Tips affiliate marketing #7: Tawarkan sesuatu yang menarik

Kenapa orang lain harus membeli melalui link afiliasi kamu? Padahal ada banyak affiliate marketer di luar sana yang juga mempromosikan produk yang serupa.

Untuk membedakan kamu dengan marketer lainnya, kamu harus bisa menawarkan sesuatu yang unik pada calon pembeli. Dengan begitu mereka akan mendapatkan manfaat tambahan saat mereka membeli melalui link afiliasi kamu.

Sebagai contoh, beberapa program afiliasi menyediakan sistem kupon yang bisa kamu manfaatkan untuk memberikan calon pembeli diskon tambahan. Dengan begitu kamu bisa menawarkan harga yang lebih murah dibanding kompetitor lain.

Hal yang sama juga berlaku saat kamu membangun daftar email pelanggan. Kamu bisa menawarkan gratisan jika mereka mau berlangganan email newesletter kamu. Freebies ini dapat berupa ebook, video khusus, dan produk-produk menarik lain yang masih berhubungan dengan produk afiliasi kamu.

Dengan begitu mereka akan lebih sukarela untuk bergabung tnapa ada paksaan. Kamu pun nantinya bisa memiliki lebih banyak kontak yang bisa dimanfaatkan untuk menjual lebih banyak produk afiliasi.


Affiliate Marketing adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dilakukan siapa saja. Selain tidak butuh modal, sistem kerjanya pun cukup mudah dan memiliki potensi penghasilan yang lumayan besar.

Namun untuk berhasil dalam affiliate marketing kita harus mampu bersaing dengan kompetitor lain yang juga memasarkan produk/jasa yang sama. Makanya kita butuh strategi khusus agar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung agar penghasilan kita bisa lebih maksimal.

Selain memilih produk yang tepat, tips afiliate marketing lain yang tidak kalah penting adalah memasarkannya kepada orang yang tepat serta membuat konten yang mampu menarik banyak orang. Jika dilakukan dengan konsisten, affiliate marketing mungkin tidak lagi menjadi usaha sampingan, namun mampu menggantikan pekerjaan utama kamu nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.