Tips traveling selama berpuasa
Traveling

9 Tips Traveling Saat Berpuasa

Traveling jadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa penat akibat jenuh bekerja atau terlalu lama di rumah. Dengan traveling kita bisa melihat dan mencoba hal-hal baru di luar rutinitas harian kita.

Namun traveling juga butuh tenaga ekstra karena kita akan lebih banyak berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Belum lagi jika ada barang bawaan yang kita angkut selama perjalanan.

Makanya banyak traveler yang membatasi aktivitas ini selama bulan puasa. Padahal ada banyak lho tips yang bisa dilakukan agar traveling saat berpuasa tetap enjoyable.

1. Jangan Lupa Sahur

Traveling biasanya menghabiskan lebih banyak energi dibanding hari biasa. Makanya jangan lupa untuk mempersiapkan diri kamu dengan tidak melewatkan sahur. Dan jangan asal kenyang saja, pastikan kamu menyantap makanan kaya nutrisi agar kamu lebih kuat beraktivitas seharian.

2. Pilih Destinasi Wisata yang Sejuk

Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak energi. Makanya kita bisa lebih cepat lapar, haus, dan lelah. Makanya, saat berpuasa, pastikan destinasi wisata yang kamu tuju memiliki cuaca yang sejuk.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memilih untuk jalan-jalan ke destinati wisata indoor yang lebih nyaman dikunjungi.

3. Cek Waktu Sahur dan Berbuka

Sebelum berangkat, cari tahu dulu waktu sahur dan berbuka di tempat tujuan. Dengan begitu, kamu tak akan ketinggalan waktu berbuka ataupun sahur di tempat yang sedang kamu singgahi.

Dan jika tempat wisata yang kamu kunjungi jauh dari tempat ibadah, pasang juga aplikasi penanda waktu untuk memudahkan kamu melihat waktu imsak dan berbuka.

4. Hindari Aktivitas Berat

Selama berpuasa, ada baiknya jika kamu menghindari beberapa aktivitas berat seperti hiking atau kayak. Pilih aktivitas yang lebih ringan seperti berkunjung ke tempat bersejarah atau hungting foto di tempat yang instagramable.

5. Sediakan Camilan atau Air Mineral

Meski berpuasa bukan berarti kamu tidak perlu membawa makanan saat perjalanan. Camilan ringan dan air mineral bisa jadi solusi jika kamu terpaksa berbuka ketika sedang berada di tengah perjalanan.

6. Pilih Wisata Malam

Mau traveling tapi takut tidak kuat puasa atau sekedar ingin mencoba wisata kuliner lokal? Kamu bisa mencoba destinasi wisata malam atau berkunjung ke tempat wisata yang buka 24 jam.

7. Pilih Destinasi Wisata Ramah Muslim

pilih destinasi wisata ramah muslim saat berpuasa

Saat bepergian selama berpuasa, penting untuk mengetahui bahwa di tempat wisata tersebut ramah muslim, terutama bagi kamu yang bepergian ke luar negeri. Dengan begitu kamu tidak akan repot mencari makanan halal dan tempat ibadah.

8. Gunakan Transportasi yang Nyaman

Saat bepergian jarak jauh, ada baiknya jika kamu menggunakan moda transportasi yang nyaman. Bila perlu tidak usah ragu menggunakan transportasi umum agar kamu tidak perlu menyetir sendiri dan bisa beristirahat selama perjalanan.

9. Jangan Lewatkan Ibadah

Hal yang paling penting saat traveling di bulan puasa adalah jangan melewatkan ibadah. Meski kamu sedang bersenang-senang, kewajiban untuk beribadah tidak boleh dilewatkan. Apalagi di bulan Ramadhan semua amalan akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda, jadi sayang kan untuk dilewatkan?


Puasa tidak perlu menjadi halangan bagi kamu untuk bepergian dan jalan-jalan. Dengan tips di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir saat traveling di bulan puasa. Wisata tetap asyik dan ibadah pun tetap berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *