7 Tips Traveling Saat Musim Hujan agar Tetap Fun

tips traveling saat musim hujan agar tetap lancar dan menyenangkan

Ada gak yah tips traveling saat musim hujan agar liburan kita bisa tetap fun?

Eits, jangan salah. Buat kamu yang mau jalan-jalan di musim hujan, ada kok beberapa tips yang bisa kamu coba supaya liburan kamu tetap seru dan menyenangkan.

Tips Liburan Saat Musim Hujan

1. Pilih lokasi wisata yang sesuai

Saat musim hujan, tempat wisata di tempat terbuka seperti pantai, bukit, gunung, atau curug lebih baik dihindari. Dengan cuaca yang tidak mendukung, sulit untuk menikmati lokasi wisata tersebut secara leluasa. Tidak hanya itu, hal ini juga dilakukan untuk menghindari bahaya bencana alam yang bisa saja terjadi saat musim hujan.

Sebagai gantinya, kita bisa memilih traveling ke tempat yang lebih tertutup seperti museum, taman bermain indoor, restoran, atau kawasan pengrajin yang juga tidak kalah serunya.

2. Cek cuaca di destinasi liburan

Mengecek cuaca di tempat wisata yang akan dikunjungi juga bisa jadi persiapan yang bisa dilakukan saat traveling di musim hujan.

Meski kadang tidak selalu akurat, aplikasi prediksi cuaca bisa dijadikan acuan saat ingin melihat cuaca beberapa hari ke depan. Dengan begitu kita bisa lebih bersiap-siap pada kondisi cuaca apapun di lokasi yang kita tuju.

3. Siapkan perlengkapan untuk musim hujan

barang-barang yang harus dibawa saat jalan-jalan di musim hujan

Tips traveling saat musim hujan lain yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan barang-barang apa saja yang harus dibawa.

Jika kita ingin mengunjungi tempat-tempat outdoor, kita bisa menyiapkan beberapa perlengkapan tambahan seperti jas hujan, payung, atau sandal jepit. Selain itu juga bisa membawa backpack cover, shoe cover, atau kantong plastik tambahan untuk melindungi barang-barang yang kita gunakan/bawa. Siapkan juga baju tambahan untuk berjaga-jaga.

Dan supaya dokumetasi tetap berjalan sempurna saat bepergian di luar ruangan, kita bisa membawa cover khusus yang bisa melindungi hape kita atau membawa action cam yang tahan air.

4. Jaga kesehatan tubuh

Tubuh yang fit adalah kunci penting untuk menikmati traveling kita di musim hujan. Kondisi yang tidak fitu tentu akan mengganggu kesenangan kita saat liburan.

Saat musim hujan, daya tahan tubuh kita akan melemah karena cuaca yang tidak menentu. Jadi jangan heran jika sampai di lokasi wisata kamu malah sakit karena lelah saat perjalanan.

Untuk mempersiapkan fisik, kita bisa melakukan olahraga ringan secara rutin. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi makanan bergizi dan suplemen khusus seperti vitamin C.

Sesampainya di lokasi wisata, santaplah makanan yang hangat dan hindari makanan serta minuman dingin agar kondisi kita tetap terjaga.

5. Siapkan obat-obatan

Obat-obatan menjadi hal yang wajib dibawa saat bepergian, apalagi jika kamu memiliki alergi atau penyakit kambuhan.

Dan saat bepergian di musim hujan, kamu bisa menambah bekal obat-obatan lainnya seperti obat flu, jamu masuk angin, hingga minyak kayu putih.

6. Siapkan dana lebih

Saat musim hujan, ada banyak hal yang sulit diantisipasi dan membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak dari budget yang sudah disediakan.

Sebagai contoh, jika penerbangan kita tertunda karena cuaca buruk, maka kita bisa keluar uang lebih banyak untuk membeli makanan atau mengganti mode transportasi lainnya. Tidak jarang kita malah bisa memperpanjang masa liburan kita karena terhambatnya akses pulang dari tempat wisata.

Maka dari itu kita harus mempersiapkan uang lebih, terutama dalam bentuk cash. Lagipula hal ini akan sangat membantu kita agar tidak perlu repot boalk-balik ke ATM saat sedang hujan.

7. Manfaatkan promo

Tips terakhir agar traveling saat musim hujan tetap menyenangkan adalah dengan memanfaatkan promo. Luamayan kan bisa lebih hemat?

Saat musim hujan tiba, ada banyak traveler yang enggan bepergian. Hal ini tentu akan merugikan pihak hotel atau tempat wisata sehingga mereka mengadakan promo untuk menarik minat wisatawan.

Untuk mencapatkan info semacam ini, kita bisa memantau akun sosmed khusus traveling atau melalui aplikasi wajib traveler seperti aplikasi pesan tiket atau aplikasi booking hotel.


Musim hujan memang membawa tantangan tersendiri bagi yang doyan jalan-jalan. Meski begitu, kita tetap bisa menyiasatinya dengan beberapa tips traveling saat musim hujan di atas agar kita bisa tetap having fun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *