tips dan trik google translate untuk traveling
Aplikasi, Traveling

6 Tips & Trik Google Translate untuk Traveling

Bahasa menjadi salah satu kendala yang banyak dialami traveler. Meski Bahasa Inggris umumnya bisa digunakan, masih ada banyak negara yang penduduknya lebih memilih untuk menggunakan bahasa lokal.

Belum lagi bicara masalah tulisan. Masih ada banyak destinasi wisata di negara tertentu yang masih menggunakan alfabet yang menurut kita sangat asing seperti Korea, Jepang, atau Thailand. Hal ini tentu akan menyulitkan kita, terutama saat kita membutuhkan sesuatu.

Untungnya kamu tidak perlu belajar sampai menguasai bahasa asing jika hanya ingin liburan ke luar negeri. Dengan semakin canggihnya Google translate sebagai aplikasi penerjemah terbaik, kendala bahasa bisa dibuat jadi lebih mudah.

Nah, agar kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menggunakan Google Translate saat kamu traveling ke luar negeri.

Tips & Trik Google Translate

1. Download Google Translate

Tips dan trik Google Translate yang pertama adalah dengan mendownloadnya. Dengan begitu aplikasi offline ini dapat dipakai tanpa perlu terhubung dengan jaringan internet atau WiFi.

Jadi sebelum kamu mengunjungi negara tertentu, kamu bisa mengunduh paket bahasa yang banyak digunakan di sana dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Translate
  2. Bukan menu pengaturan pada bagian kanan atas
  3. Pilh opsi Offline Translation
  4. Pilih bahasa yang akan kamu simpan, lalu klik tombol Download
  5. Aplikasi Google Translate kini bisa digunakan secara offline
Tips & Trik Google Translate #1: Download agar bisa dipakai offline
Download Google Translate agar kamu bisa memakainya offline

Perlu diketahui bahwa tidak semua bahasa bisa diunduh. Jika kamu tidak bisa menemukan tombol Download, maka bahasa tersebut tidak bisa digunakan secara offline. Selain itu proses ini akan memakan waktu karena setiap paket bahasa memiliki ukuran yang cukup besar hingga ratusan Mega bytes. Jadi siapkan kuota dan sisa storage yang cukup yah!

2. Simpan kata dan kalimat yang akan sering dipakai

Saat traveling, umumnya akan ada beberapa kata dan kalimat yang akan sering kita ucapkan. Jika kamu merasa ada hal semacam itu, kamu bisa menyimpan terjemahan kata dan kalimat tersebut agar kamu bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu mengetiknya lagi.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini,

  1. Buka aplikasi Google Translate
  2. Masukan kata atau kalimat yang akan kamu simpan, lalu terjemahkan
  3. Klik tombol bintang yang ada pada masing-masing terjemahan untuk menyimpannya.
  4. JIka ingin melihatnya kembali, masuk ke menu pengaturan di pojok kanan atas lalu pilih menu Phrasebook

3. Belajar cara pengucapan yang benar

Mengetahui kata atau kalimat dalam bahasa asing setelah menggunakan Google Translate kadang masih belum cukup. Pada beberapa kasus, kamu mungkin perlu mengucapkannya pada orang lain.

Sayangnya banyak bahasa yang memiliki pengucapan yang berbeda dengan pengucapan bahasa Indonesia, bahkan Inggris. Untuk itulah Google translate menyediakan cara membaca sebuah kata dan kalimat agar kamu juga bisa mengucapkannya atau menunjukannya pada orang lain.

4. Terjemah secara real-time

Bicara masalah pengucapan, Google Translate juga bisa digunakan untuk menerjemahkan secara real-time lho!

Dengan fitur ini, kamu bisa berbicara dengan orang lain dalam bahasa mereka tanpa menguasai bahasa tersebut. Meski begitu kamu mungkin perlu lebih selektif memilih orang yang bisa diajak berbicara karena prosesnya jelas masih cukup memakan waktu.

Tips & Trik Google Translate #2: Gunakan fitur Conversation untuk berkomunikasi dengan orang lain
Gunakan fitur Conversation untuk berkomunikasi secara real-time menggunakan bahasa asing

Untuk melakukannya, kamu bisa memilih fitur Conversation. Setelah itu pilih bahasa yang akan digunakan lalu ucapkan secara perlahan untuk memulai pembicaraan.

Meski mungkin akan sedikit rumit untuk percakapan yang lebih kompleks, fitur ini akan sangat membantu di banyak kesempatan.

5. Membaca menu dan tanda jalan

Tidak hanya melalui input teks dan audio, tips dan trik Google Translate lain yang pastinya berguna saat kamu traveling adalah untuk membaca menu restoran, tanda jalan, dan beberapa tulisan tangan. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kamu mengunjungi negara yang memiliki alfabet non-latin seperti Cina, Jepang, Korea, Thailand, Rusia, dan banyak negara di Timur Tengah.

Tips & Trik Google Translate #3: Gunakan fitur kamera untuk mengartikan tulisan pada gambar
Gunakan fitur Camera untuk mengartikan tulisan pada menu, tanda jalan, atau tulisan tangan

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengklik fitur Camera lalu arahkan ke tulisan yang ingin kamu baca. Setelah itu Google translate akan secara otomatis mengenali tulisan dan mengartikannya untuk kamu.

6. Tulis kata dan kalimat yang ingin kamu artikan

Bagi sebagian orang, menulis akan jauh lebih cepat dibanding mengetiknya di keyboard hp. Untungnya Google Translate memiliki teknologi yang dapat mengenali huruf, bahkan dari tulisan tangan sekalipun. Meskipun kamu harus menulis dengan jelas, fitur ini akan sangat berguna jika kamu butuh komunikasi singkat dan cepat, apalagi jika hp kamu dilengkapi stylus.


Itu dia beberapa tips dan trik Google Translate yang pastinya akan berguna saat kamu traveling. Fiturnya yang melimpah membuatnya menjadi aplikasi traveling yang wajib dimiliki. Jadi sebelum bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk membiasakan diri dengan beberapa fitur Google Translate di atas yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *