tips untuk menghemat biaya liburan
Keuangan, Traveling

8 Tips untuk Menghemat Biaya Liburan

Liburan adalah kegiatan yang tepat untuk menjernihkan pikiran dan bersenang-senang. Namun banyak juga yang menjadikan jalan-jalan sebagai hobi bagi mereka yang senang melihat lokasi menarik, merasakan budaya lokal, atau berkenalan dengan orang-orang baru.

Sayangnya liburan membutuhkan cukup banyak biaya, apalagi jika kita memiliki rencana untuk berwisata ke luar negeri. Selain tiket bolak balik, akomodasi serta uang bekal selama berada di tempat liburan bisa cukup menguras isi kantong.

Nah, agar liburan kamu jauh lebih terjangkau, berikut adalah beberapa tips menghemat biaya liburan yang bisa kamu coba.

1. Pilih waktu liburan yang tepat

Waktu liburan seperti akhir tahun, hari raya, atau libur sekolah adalah waktu yang tepat untuk berjalan-jalan bersama keluarga. Sayangnya pad saat high season seperti ini, biaya liburan bisa melonjak naik dan membuat budget liburan membengkak.

Agar liburan kamu lebih hemat, kamu bisa memilih untuk traveling saat low season. Tidak hanya mendapat harga yang lebih murah, lokasi wisata yang akan kamu tuju juga mungkin akan lebih sepi sehingga kamu bebas menikmati semua wahana dengan bebas.

Namun jangan sampai memilih tanggal liburan karena ada beberapa waktu yang bisa membuat kamu sulit untuk menikmati liburan dengan leluasa.

2. Pilih lokasi wisata yang anti mainstream

Tips lain agar liburan kamu makin hemat adalah dengan memilih lokasi wisata yang anti mainstream.

Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa lokasi wisata populer biasanya memiliki tarif yang lebih tinggi. Belum lagi makanan dan akomodasi di sekitarnya yang juga mematok harga yang cukup mahal.

Memilih lokasi hidden gems atau lokasi yang masih belum populer akan membuat kamu bisa menghemat banyak biaya. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir destinasi wisata akan penuh sesak.

3. Manfaatkan promo

Saat merencanakan liburan, ada baiknya jika kita melakukan perencanaan sejak jauh-jauh hari. Dengan begitu kita tidak perlu terburu-buru untuk membeli tiket dan memesan akomodasi agar bisa menunggu waktu promo.

Untuk mengetahi promo seputar traveling, kamu bisa memanfaatkan aplikasi traveling atau berlangganan pada salah satu email newsletter yang mereka sediakan.

4. Cari tempat penginapan murah

hotel kapsul jadi alternatif agar biaya liburan lebih murah
Hotel kapsul murah (gambar:pegipegi.com)

Biaya penginapan menjadi salah satu pos yang memakan banyak biaya, apalagi jika kamu berencana untuk berlibur cukup lama atau mengunjungi beberapa kota sekaligus.

Agar lebih hemat biaya, kamu bisa booking hotel dan penginapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain lebih murah, kamu juga lebih mudah mendapatkan penginapan dibanding membelinya secara mendadak.

Dan jika kamu berencana untuk mengunjungi beberapa kota sekaligus, tidak ada salahnya mencari hotel kapsul atau hostel yang memiliki harga yang jauh lebih murah.

5. Ajak teman

Cara lain agar liburanmu lebih hemat adalah mengajak temanmu untuk patungan libur bersama.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa ikutan open trip yang menyediakan paket liburan murah untuk beramai-ramai.

6. Lakukan budgeting

Satu hal yang sering kali membuat biaya liburan membengkak adalah adanya pengeluaran tidak terduga. Terkadang saat jalan-jalan ada saja lokasi baru yang ingin kita tuju, makanan baru yang ingin kita coba, atau barang-barang unik yang ingin kita beli.

Nah, agar pengeluaran saat liburan tidak membengkak, lakukan budgeting agar kamu tidak kebablasan dan kehabisan uang saat liburan.

7. Catat semua pengeluaran

Setelah melakukan budgeting, kamu perlu mengecek dan mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan di hari itu. Untuk mempermudah hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mencatat pengeluaran selama traveling.

Dengan begitu kamu bisa melihat sisa budget dan mengetahui kondisi keuangan kamu saat liburan. Kamu juga akan lebih awas terhadap biaya perjalanan yang kamu keluarkan.

8. Siapkan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan mungkin menjadi hal yang tidak terlalu dipikirkan saat bepergian, apalagi jika hanya melakukan perjalanan domestik. Padahal asuransi perjalanan bisa melindungi kamu dari berbagai hal yang tidak diinginkan mulai dari penundaan perjalanan, kecelakan saat liburan, atau kehilangan barang saat penerbangan.

Jadi daripada kehilangan uang lebih banyak, tidak ada salahnya kan memiliki asuransi perjalanan terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *